Jumat, 24 September 2010

Beberapa Mitos dan Fakta Sebuah Kopi

# Mitos ; tidur siang hanya membuat kita makin mengantuk---dan malah membuat kita lebih sulit tidur pada malam hari.
Fakta : tidur siang singkat dapat menghalau rasa kantuk dan dapat mengembalikan kesegaran.
Kebanyakan dari kita sering khawatir bahwa bila kita mengikuti rasa kantuk lalu tidur siang, maka tidur siang akan berlanjut terus dan nantinya akan bangun dengan gejala yang lebih parah.
Kenyataannya, tidur siang dapat memulihkan kesegaran, hanya saja pastikan jangan terlalu lama, Lisa Shives, MD, medical director di North Shore Sleep Medicine in Evanston, Il memperingatkanl. " Penelitian menunjukan, tidur siang singkat sekitar 10 menit dapat memperbaiki kewaspadaan maupun kemampuan pada test kognitif “.
Waktu juga merupakan hal yang penting,menurut  M. Jawad Miran, DO, sleep medicine specialist pada Somerset Medical Center's Sleep for Life program di Hillsborough, N.J. "tidur siang yang terlalu panjang atau terlalu sore dapat mengacaukan jam biologis tubuh.Jika akan tidur siang, hendaknya tidak lebih dari 20 menit, sehingga anda tetap pada fase ringan dan dapat terbangun tanpa merasa tidak nyaman ."

# Mitos : secangkir latte ukuran besar merupakan ide buruk karena dapat membuat kita terbangun sepanjang malam
Fakta: secangkir kopi dapat membantu mengusir kantuk anda pada siang hari, hanya saja jangan berlebihan .
Kafein seringkali mendapat cap buruk, namun Shives menggemari untuk minum secangkir kopi setiap hari menyatakan  " bahkan untuk mereka yang tidur cukup kadangkala sering juga mengalami rasa kantuk setelah makan siang---hal itu adalah suatu siklus normal circadian. Pada kasus saya, irama circadian ini bagaikan seseorang melemparkan selimut ke muka saya, jadi saya memerlukan secangkir teh hitam untuk mengusir gejala ini..”
Shives juga menegaskan bahwa setiap individu memiliki reaksi berbeda terhadap kafein, jadi anda bila ingin mencoba maka mulailah dengan setengah cangkir setelah makan siang dan lihat reaksinya seberapa jauh menggangu tidur malam anda. Jangan minum kopi pada malam hari.
Sama seperti tidur siang, begitu juga dengan kafein.Bila anda menggunakan secara berlebihan maka anda menciptakan lingkaran setan dan membuat anda sulit tidur pada malam hari disertai rasa kantuk di siang hari. Banyak ahli menyarankan untuk tidak minum kafein setelah jam 2 siang. (McCoy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar